Thursday, 12 April 2012

Daftar Buku Best-seller April 2012

Sejak membuat entri berjudul seperti di atas untuk bulan Maret, statistik blog saya menunjukkan peningkatan kunjungan yang berasal dari pencarian google untuk keyword "buku terlaris" dan variannya. Bahkan blog ini  sempat menduduki peringkat ketiga dalam hasil pencarian google dengan keyword tersebut.


Rupanya informasi semacam ini banyak dibutuhkan, dan masih terdapat kekosongan untuk diisi lantaran tidak tersedia satu sumber otoritatif yang mengeluarkan daftar buku terlaris Indonesia secara terbuka dan berkala. Oleh karena itu saya melanjutkan riset kecil-kecian saya ini, yang dibuat berdasarkan survey ke toko-toko buku, kontak melalui telepon dan email, serta dengan memanfaatkan jaringan sosial-media. Semoga bermanfaat.

***

Film The Hunger Games yang mulai tayang di bioskop-bioskop pada pertengahan Maret lalu, melejitkan novelnya  menjadi best-seller di beberapa toko. Novel The Hunger Games bukan buku baru. Buku pertama dalam serial yang terdiri atas tiga jilid ini diterbitkan Gramedia pada Oktober 2009.

Momen penayangan filmnya dimanfaatkan baik-baik oleh Gramedia dengan mengeluarkan edisi box set berisi tiga buku karangan Suzanne Collins ini pada April 2012 (dua buku lainnya berjudul Mockingjay dan Catching Fire). Serial ini adalah satu-satunya buku terjemahan yang masuk daftar terlaris bulan ini.

The Hunger Games Box Set
April juga momen yang dipilih oleh Dewi "Dee" Lestari untuk meluncurkan novel terbarunya Partikel. Buku keempat dalam serial Supernova ini langsung meroket ke puncak daftar buku terlaris bahkan sebelum terbit berkat besarnya jumlah konsumen yang melakukan pre-order.

Peluncuran bukunya sendiri baru akan diselenggarakan pada 13 April pukul 4.44 di sepuluh toko buku di Jawa dan Bali, akan menghadirkan alien berkostum hitam-hijau. Wah!


Serial Supernova

Beberapa best-seller bulan lalu masih menetap di dalam daftar terlaris bulan ini: novel roman lokal  Sunshine Becomes You (Ilana Tan), buku-buku Ippho Santosa Hanya 2 Menit, 7 Keajaiban Rezeki, 13 Wasiat Terlarang, dan Percepatan Rezeki Dalam 40 Hari dengan Otak Kanan. Panduan berhijab trendi Hijab in Style dan Gaya Praktis Pashmina juga masih banyak diminati.


  

Buku-buku roman, motivasi, dan humor mendominasi daftar terlaris selebihnya. Beberapa buku pendatang baru yang patut diamati adalah: Dreamcatcher karya Alanda Kariza, pendiri Indonesia Youth Conference, yang mengajak pembaca berani membangun mimpi untuk masa depan; novel roman lokal I for You dari Orizuka; buku self-help untuk remaja yang ditulis dengan bahasa dan ilustrasi yang kocak Been There Done That Got the T-Shirt oleh Risyiana Muthia dan Emeralda; dan curhat tentang suka-duka kehidupan mahasiswa di kampus Skripshit, Kisah Sesat Mahasiswa Abadi karya Alit Susanto.

Dua buku terakhir ini adalah bacaan ringan yang kental dengan humor, bahasa gaul, dikemas ringkas. Gaya bacaan yang barangkali memang cocok dengan literasi anak muda zaman serba instan.