Untold: The Stories Behind the Photographs (Steve McCurry)


Label-label megah seperti "ikonik" dan "legendaris" kerap dilekatkan pada fotografer satu ini. Potret gadis Afghan yang menghiasi sampul majalah National Geographic edisi Juni 1985 membuat namanya masyhur ke seluruh dunia. Namun belakangan saya sering mendengar komentar bahwa Steve McCurry sudah melewati puncak kariernya. Tidak ada lagi foto-foto baru dengan level melebihi yang pernah dia capai sebelumya. 

Buku-buku terakhirnya  adalah daur ulang foto-foto lama dikemas dalam tema baru. Apalagi sejak kasus dugaan manipulasi foto yang pernah menimpanya. Dia seperti meluncur turun. Kabar-kabar ini membuat saya makin ingin tahu dan mengenal lebih baik fotografer asal Amerika ini. Buku Steve McCurry Untold ini adalah bacaan yang tepat untuk menjawab rasa penasaran itu.

Buku setebal hampir 300 halaman ini merentang 30 tahun karier McCurry, menampilkan memorabilia dari perjalanannya: catatan diari, potongan tiket, penyamaran, foto-foto yang belum pernah dipublikasikan, termasuk beberapa foto saat dia sedang bekerja, dan sekitar 20 buku paspor yang telah dihabiskannya dalam sekian tahun itu. 

Dalam buku ini termuat cerita di balik 14 penugasan terpenting yang pernah dijalani McCurry, mulai dari yang paling awal di Afghanistan pada 1979, hingga penugasan terbarunya di Vietnam pada 2007 untuk tema HIV/AIDS. 

Dalam sebuah wawancara Steve McCurry mengatakan yang palling mengesankan baginya dari 14 penugasan itu adalah Monsoon, perjalanannya untuk memotret selama musim hujan di anak benua pada 1983. 

Tema ini pertama kali memikat hatinya pada 1961, ketika dalam usia 11 tahun, dia melihat foto kondisi ekstrem musim hujan di India yang dipotret oleh Brian Brake untuk majalah LIFE. Sebuah kebetulan tak terduga bahwa dua puluh tahun kemudian dia akan melakukan peliputan yang sama. 

Bagi saya sendiri yang paling menarik di antara 14 cerita itu adalah liputan yang dilakukan Steve atas transportasi kereta di India. Bukan sekadar karena gambar-gambar menarik dengan komposisi yang indah, jukstaposisi gestur, dan  keselarasan warna-warna yang menjadi kekhasannya, tapi juga dedikasi yang ditunjukkan McCurry dalam melakukan persiapan mendetail dan pengamatan yang akurat atas subjek di hadapannya. 

Keterlibatan intens McCurry dalam meliput konflik di Afghanistan sejak awal perkembangannya pada 1979 membuat biografi kariernya mampu merangkum keadaan geopolitik di area itu. Dengan demikian buku ini dapat terbaca seperti sebuah biografi sekaligus kronologi. Sungguh sumber inspirasi yang sangat kaya bagi penikmat perjalanan maupun penikmat fotografi.



Untold: The Stories Behind the Photographs
by Steve McCurry
Format: Hardback
Size: 345 x 245 mm (13 5/8 x 9 5/8 in)
Pages: 264 pp
Illustrations: 500 illustrations
ISBN: 9780714864624

Komentar

Populer

"Memento Vivere"

Pesan dari Capernaum

Pidi Baiq dan Karya-karyanya