Moments of Mindfulness (Danielle & Olivier Föllmi)


Lima buku cantik ini adalah karya kolaborasi Daniela dan Olivier Föllmi. Kelimanya seperti pil penyegar buat saya. Saya sering membuka-buka buku ini secara acak sewaktu-waktu. Kadang saya membukanya untuk menikmati teksnya saja, kadang hanya untuk menikmati fotonya. Baik teks maupun fotonya seperti berbicara kepada saya dengan pesan dan kesan berbeda setiap kali, tergantung suasana hati dan pikiran saat membukanya.

Masing-masing buku dalam serial ini menyandingkan satu foto karya Olivier Föllmi dengan sepenggal teks kutipan sarat makna pilihan istrinya, Daniela. Foto dan teks memiliki tema selaras, dikelompokkan ke dalam lima tema: African Wisdom, Buddhist Offerings, Indian Wisdom, Latin Spirit, dan The Wisdom of Asia.


Setelah sekian bulan menikmatinya, saya bisa merasakan bahwa tiga di antara lima jliid buku ini lebih dekat di hati Föllmi dibanding dua lainnya. Foto-fotonya tampak lebih kuat, teks-teks pilihannya berisi lebih dahsyat. Pilihan dan urutan foto dan teks terasa digarap dengan lebih gembira. Ketiga jilid itu adalah Buddhist Offering, Indian Wisdom dan The Wisdom of Asia.


Ini wajar karena Föllmi memang lebih akrab dengan Asia daripada Amerika Latin dan Afrika. Selama lebih dari dua puluh tahun dia telah memotret di wilayah Himalaya, pernah tinggal dua tahun di India dan hidup bersama orang Tibet di pengasingan. Mereka bahkan mengambil dua anak angkat dari Tibet.




Bagi saya, berbeda dengan buku-buku foto lainnya, kelima jilid Moments of Mindfulness ini punya daya tarik yang kuat bukan hanya secara visual, tetapi juga spiritual. Satu-satunya buku foto yang belum berhenti saya nikmati setiap hari selama hampir enam bulan ini.[]







Komentar

Populer

"Memento Vivere"

Pesan dari Capernaum

Pidi Baiq dan Karya-karyanya